Tentang berbagi Inspirasi, Aktualisasi Diri, dan Pemberdayaan Perempuan


Banyak yang tanya ke saya apa tujuan saya mengadakan Workshop “1001 Ide Usaha Dari Rumah” yang dibuat khusus untuk ibu-ibu rumah tangga seperti saya. Idenya sederhana, tujuannya juga sederhana, namun saya harap dapat memberikan dampak luar biasa khususnya bagi kaum perempuan dan bagi keluarga secara umum.

Apa itu?

  1. Berbagi cerita dan inspirasi

Cerita saya dimulai ketika saya selalu melihat daya juang dan keikhlasan seorang ibu sejak saya kecil, dimana beliau yang tidak punya titel pendidikan tinggi dan juga tidak punya jabatan apapun di perusahaan manapun–selain hanya seorang guru TPA tanpa gaji– berdagang begitu giat siang dan malam tanpa lelah untuk “ngasih jajan” anaknya sekolah. Pagi buta setelah shalat Subuh sudah keluar rumah untuk ambil dagangan berupa masakan matang dari rumah tetangga, kemudian dengan sepedanya mengayuh keliling perumahan dan menjualnya ke dari rumah ke rumah. Keranjang sepeda yang penuh tadi sudah kosong di jam 6 pagi, saat ketiga anaknya harus berangkat sekolah. Ia belikan sarapan untuk anak-anak dan bekal uang jajan sekolah dengan penuh girang. Setelah anak-anak berangkat sekolah, ia bersiap mengajar TPA sampai jam 12. Anak-anak pulang sekolah, ia telah tiba dirumah. Sore hari kembali mengajar TPA sampai maghrib tiba. Tidak cuma masakan yang dijual, apapun yang bisa dijadikan peluang untuk jualan pasti dijualnya. Dari a sampai z, dari baju sampai pulpen dengan karakter lucu, kue putu ayu (yang kuenya saya abisin terus), es sirop.. ah, saya ingat betul. *matarembes

Bertahun-tahun hal itu melintas di depan mata saya. Karena wanita itu adalah ibu saya, inspirasi saya.

Lalu dimana ayah saya?? Ada. Ayah saya seorang PNS dengan gaji yang tidak seramah sekarang, jauh dari cukup. Dan alih-alih ibu saya mengeluh dengan kondisinya, ia malah berdagang kesana-kesini untuk membantu perekonomian keluarga. Dan kami anak-anaknya berhasil sekolah dari hasil jualan itu.

Hal itu begitu berbekas dalam benak saya. Semangatnya mengalir dalam diri saya ketika saya terpuruk dan jatuh. Semangat yang selalu mampu membuat saya bangkit berulang kali. Dengan tidak selalu mengeluh, melainkan berbuat sesuatu untuk membuat keadaan menjadi lebih baik. Tidak membuang-buang energi dan air mata hanya untuk meratapi nasib yang menimpa diri. Menyadari bahwa hidup tak selalu seindah dan semudah yang kita bayangkan. Jadi lebih baik berusaha mewujudkan saja bayangan-bayangan indah itu, tanpa mengeluh.

Dan semangat ini yang ingin saya tularkan kepada para perempuan khususnya ibu-ibu agar selalu mampu bangkit dari keterpurukan dan berhenti mengeluhkan keadaan. Karena semangat itu tidak mudah dihadirkan sendiri, maka saya ingin menjadi penyemangat untuk mereka. Dan karena semangat itu seperti iman, yaazid wa yankush, naik dan turun, maka butuh sekali kembali merecharge semangat itu, salah satunya dengan berbagi. Di Workshop “1001 Ide Usaha Dari Rumah” inilah kita akan berbagi semangat dan inspirasi, untuk senantiasa menyemangati satu sama lain.

  1. Membantu menemukan aktualisasi diri

Aktualisasi diri itu penting, dan banyak bentuknya. Menurut Maslow, tokoh psikologi humanistik yang  dalam risetnya mengatakan bahwa

“self-actualized individuals had a better insight of reality, deeply accepted themselves, others and the world, and also had faced many problems and were known to be impulsive people.”

Yang artinya kurang lebih seperti ini:

“Individu dengan aktualisasi diri yang baik memiliki wawasan yang lebih baik dalam hal menghadapi realitas, sangat menerima diri sendiri, orang lain dan dunia, dan juga telah menghadapi banyak masalah sehingga dikenal sebagai orang yang impulsif”

Individu baru dapat mengalami “puncak pengalamannya” saat manusia tersebut selaras dengan dirinya maupun sekitarnya. Dalam pandangan Maslow, individu yang mengaktualisasikan dirinya, dapat memiliki banyak puncak dari pengalaman dibanding manusia yang kurang mengaktualisasi dirinya

Masih menurut Maslow, kebutuhan akan aktualisasi diri merupakan kebutuhan yang didalamnya terdapat 17 meta kebutuhan yang tidak tersusun secara hirarki, melainkan saling mengisi. Jika berbagai meta kebutuhan tersebut tidak terpenuhi maka akan terjadi meta patologi seperti apatisme, kebosanan, putus asa, tidak punya rasa humor lagi, keterasingan, mementingkan diri sendiri, kehilangan selera dan sebagainya. Dalam hirarki kebutuhan, Maslow menempatkan self-actualization needs atau kebutuhan akan aktualisasi diri pada puncak kebutuhan manusia.

Sedangkan saya sendiri melihat pentingnya aktualisasi diri sebagai bentuk rasa syukur dan penerimaan kita akan kehidupan. Untuk itu pada Workshop “1001 Ide Usaha Dari Rumah” ini saya berharap dapat membantu banyak ibu menemukan aktualisasi dirinya. Walaupun bentuk aktualisasi diri itu banyak, dan kita tidak tahu apakah bisnis adalah salah satu aktualisasi diri yang tepat untuk kita. tapi paling tidak ada upaya untuk menemukannya.

  1. Pemberdayaan perempuan

Workshop “1001 Ide Usaha Dari Rumah” juga adalah salah satu bentuk rasa syukur saya atas pengalaman dan pelajaran kehidupan yang kemudian membentuk saya menjadi pribadi yang seperti sekarang. Saya tidak sempurna, namun saya merasa sempurna ketika mampu memberdayakan potensi orang lain untuk kehidupannya yang lebih baik, terutama kaum perempuan. Disitulah saya mengaktualisasikan diri saya.

Lalu, kenapa berbayar??

Workshop “1001 Ide Usaha Dari Rumah” dibuat berbayar untuk menghargai ilmu dan waktu. Pengalaman ketika satu kelas dibuat gratis maka “rasa menghargai” akan ilmu dan waktu menjadi rendah. Untuk itu diputuskan untuk peserta dipungut biaya. Toh biaya yang dikenakan tidak mahal, dan diperuntukkan untuk memfasilitasi kelas peserta dengan sebaik-baiknya. Sebagian dana tersebut juga akan disalurkan untuk infaq ke Pondok Tahfizh Putri Al-Husna, Gunung Putri.

Jadi begitulah, Workshop “1001 Ide Usaha Dari Rumah”  menjadi cara untuk berbagi inspirasi, mengaktualisasi diri dan memberdayakan perempuan.

Untuk yang belum daftar, masih ada kursi untuk ikut bergabung di kelas Workshop “1001 Ide Usaha Dari Rumah”

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

